Senin, 02 Agustus 2010

Ibuku adalah idolaku :)

Ibu…engkaulah pujaanku, harapanku, anutanku, tempat tumpuanku dengan beribu kasih sayang yang ada di hatinya. Usianya tak lagi muda, kekuatannya mulai berkurang keriput wajahnya sudah terlihat tapi semangatnya tak pernah hilang. Tapi kasih sayangmu takan pernah kulupakan sepanjang hidupku.
Ibu adalah seorang perempuan yang rela berkorban demi anaknya supaya bertahan hidup seperti mengandung kemudian melahirkan kita selama kurang lebih sembilan bulan lamanya, kemudian memberi makan kita, mendidik kita, mengajarkan sopan santun tak lupa kita disekolahkan. Sungguh mulia pengorbanan seorang ibu, Rasulallah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim.
Artinya:Dari abu Hurairah r.a Ia berkata telah datang seorang laki-laki kepada Rasulallah SAW maka ia berkata: “Wahai Rasulallah siapakah yang lebih berhak untuk diberi penghormatan yang sebaik-baikny? Rasulullah menjawab:”IBUMU” Ia berkata lagi: kemudian siapa? Rasul menjawab:”IBUMU” Dia berkata lagi kemudian: kemudian siapa? Rasulullah menjawab”IBUMU” Dia berkata lagi: kemudian siapa? Rasllulah menjawab:”AYAHMU” (H.R BUKHARI DAN MUSLIM).
Menurut sabda Rasulallah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yaitu orang yang pertama diberi penghormatan ibumu, ibumu, ibumu, kemudian ayahmu. Berarti ibu lebih tinggi derajatnya dari pada ayah dengan perbandingan 75:25 maka taatilah ibumu, ibumu, ibumu, kemudian ayahmu.
Kasih ibu sepanjang masa, kasih ibu tidak terbatas, kasih ibu tidak beda terhadap anaknya seperti lagu melly Goeslow yang berjudul “BUNDA”.


BUNDA
Kubuka album birupenuh debu dan usangKupandangi semua gambar dirikecil bersih belum ternoda
Firasatku melayangdahulu penuh kasihKudengar semua cerita orangtentang riwayatku
Kata mereka:diriku selalu dimanjaKata mereka:diriku selalu ditimang
Nada nada nan indahselalu terukir darinyaTangisan nakal dari bibirkutak kan jadi deritanya
Tangan halus dan sucitlah mengangkat tubuh iniJiwa raga dan seluruh hiduprela dia berikan
Kata mereka:diriku selalu dimanjaKata mereka:diriku selalu ditimang
Oh.. bundaada dan tiada dirimukau slalu ada di dalam hatiku

Pikirku melayangdahulu penuh kasihJiwa raga dan seluruh hiduprela dia berikang
Kata mereka:diriku selalu dimanjaKata mereka:diriku selalu ditimang
Oh.. bundaada dan tiada dirimukau selalu ada di dalam hatiku

Lagu melly goeslow menceritakan seorang anak yang merenungkan pengorbanan seorang ibu mulai dari mengandung kemudian melahirkan kita kedunia ini dalam keadaan suci belum ternoda,tak lupa kita disayang, dimanja, dan ada satu yang tak akan pernah dilupakan oleh semua anak yaitu kita pernah ditimang oleh ibu tercinta.
Bedasarkan sumber:TAJDID ABUYA SYEIKH IMAM ASHAARI AT TAMIMI.Rasulallah SAW mengatakan bahwa arti ibu(ummi) dibedakan menjadi dua yaitu: secara lahir dan batin atau maknawi.
Yang pertama arti ibu secara lahir merupakan punca zuriat, karena ibu melahirkan. Jika tidak ada ibu, mana mungkin dapat melahirkan zuriat.
Yang kedua arti ibu secara batin atau maknawi mempunyai arti yang lebih hebat, yaitu ibu dan ayah pada dirikita ialah akal dan roh. Tanpa akal dan roh tiada arti apa-apa. Sebab itulah allah terus bagi ilmu pada Rasulullah tanpa menggunakan alat. Itulah sebabnya Rasulullah dikatakan “ummiy yaitu belajar secara langsung dari tuhan. Allah langsung campakkan pada ibu dirinya yaitu akal dan roh.
Menurut Dra.Dian seorang ibu pasti akan merasa senang dan bangga bila berhasil menjadi idola bagi anaknya. Bagaimana tidak, karena sebagai idola berarti tokoh ibu menjadi sosok yang disenangi atau dicita-citakan oleh anak. Sebagai sosok idola maka karakter ibu menjadi suatu hal yang melekat dalam jiwa anak dan sangat berpengaruh atau berperan dalam kehidupan anak. Dengan menjadi idola, seorang ibu akan lebih mudah untuk mengarahkan anaknya, sekaligus juga sebagai suri tauladan bagi sang anak guna pengembangan potensinya dikemudian hari.
Banyak teman yang mengidolakan artis ataupun tokoh-tokoh kartun. Tetapi buat diriku apa gunanya mengidolakan artis atau tokoh kartun. Lebih baik mengidolakan ibu sendiri. Mengapa aku mengidolakan ibu sendiri? Karena ibuku adalah ibu yang paling hebat di dunuia ini, walaupun beliau seorang perempuan tetapi tenaganya seperti tenaga laki-laki, ibuku setiap hari membantu ayah seperti mencari rumput untuk sapi, mencangkul kebun, memeras sapi, dan lain sebagainya, tujuannya satu yaitu supaya anak-anaknya bisa hidup dan bersekolah demi menggapai cita-cita yang luhur supaya berguna bagi nusa, bangsa dan keluarga.
Selain tempat curhat dan berpaling pada saat sedih atau pun senang ibuku bisa menjadi seorang sahabat dan partner dalam banyak hal. Aku sangan menghargai, beliau juga orang yang sangat menyenangkan dia sangat berharga bagiku.
Masakan yang tidak ada duanya membuat aku jarang jajan diluar,ibuku selalu memasak,masakan yang enak walaupun dengan bahan bahan seadanya,mungkin dengan tangannya yang lihai masakan itu bias enak,masakan yang aku sukai yaitu,perkedel goreng. Selain rasanya yang enak bumbunya juga meresap ke dalam,jadi makanan favorit aku yang khas buatan ibu yaitu perkedel goreng.
Bagiku ibu adalah ibarat bank yang setiap hari memberiku uang ongkos dan uang jajan,ibu selalu memberi aku uang walaupun meminjam kepada tetangga hanya demi anaknya bersekolah,tapi aku baru tahu sekarang bahwa ibu suka meminjam uang kepada tetangga.
Ibu selalu mewawancarai aku setiap hari,kenapa aku di wawancarai?kerena aku selalu pulang sore,karena banyak kegiatan di sekolah seperti,ekskul boxer dan KIR.selain itu juga aku selalu rapat OSIS.
Ibuku termasuk ibu yang cerewet dan suka mengomel,jadi kalau aku pulang sore pasti aku akan diberi santapan sore berupa sepiring omelan dan segelas nasihat yang harus aku leguk.Maafkanlah ibu karena aku tidak bias membantu engkau di rumah,sungguh jasa dan pengorbananmu takan pernah ku lupakan sepanjang hidupku.
Disaat aku sedang sakit engkau selalu ada untukku,tak peduli apa keadaanmu,engkau bagaikan pengganti obat yang menjadikan rasa sakitku sedikit hilang dan membuat hatiku tenang nyaman di sampingmu.
Aku sangat mengidolakan ibuku, jadi banyak karakter yang menonjol pada diriku seperti cerewetnya yang khas, suka ngobrolnya, dan lain sebagainya. Maka karakter ini sangat berpengaruh pada kehidupan diriku sehari-hari.
Mungkin ibuku tidak berarti bagi orang lain tetapi bagiku sangatlah berarti, karena ibulah aku bisa hidup karena ibulah aku bisa sekolah.sungguh mulia atas jasa dan pengorbananmu.
Ibu adalah seorang perempuan yang mengandungku dan kemudian melahirkanku kedunia ini, selain itu juga beliau memberi kita makan, taklupa juga beliau menyekolahkan maka yang pertama kita hormati yaitu ibumu, ibumu, ibumu, kemudin ayahmu hal ini seperti sabda Rasulallah. SAW yang diriwayatkan oleh “Bukhari dan Muslim”. Selain itu juga ibu merupakan punca zuriat dan mewariskan akal dan roh pada diri kita maka janganlah sekali-kali membuat ibumu mengeluarkan air mata sesungguhnya murka Allah murkanya kedua orang tua dan ada pepatah yang mengatakan bahwa surga itu dibawah telapak kaki ibu maka janganlah menjadi anak yang durhaka terhadap orang tua terutama ibumu.
Dari kecil sampai dewasa aku di didik, betapa besar jasamu oh ibu… maafkanlah bila diriku banyak salah terhadap dirimu tapi aku tidak tau terima kasih terhadapmu, “Ya Allah semoga ibuku selalu mendoakanku terimakasih oh ibu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar